“Wattpad”, Aplikasi Untuk Anda Yang Hobi Menulis dan Membaca

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini, ada banyak sekali aplikasi-aplikasi keren yang bisa diinstal secara gratis di Smartphone, mulai dari aplikasi chating, games, editor dan lain-lain sebagainya. Tapi tahukah Anda jika saat ini ada aplikasi yang diperuntukkan bagi para penulis dan pembaca? Aplikasi lintas platform yang menyediakan atau sebagai wadah untuk kalian yang suka membaca, menulis ataupun yang masih belajar menulis. Dua subyek yang berbeda ini saling membutuhkan. Penulis membutuhkan pembaca untuk pengakuan karya, sebaliknya orang yang gemar membaca haus akan tulisan-tulisan baru baik berupa jurnal, karya ilmiah, puisi, cerpen dan novel.

Well, aplikasi yang diperuntukan bagi para penulis dan pembaca itu bernama “Wattpad”. Pastinya kalian pada asingkan pada nama aplikasi tersebut? Nah, buat yang penasaran bertanya-tanya apa sih Wattpad itu, langsung aja yuk simak ulasannya di bawah ini..

Mengenal Apa itu Wattpad

Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi telepon pintar asal Toronto, Kanada, yang memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Wattpad diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen. Sebagian besar pengguna Wattpad berasal dari Amerika Serikat, kemudian diikuti oleh Britania Raya, Kanada, Filipina, Australia, Rusia, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.

Selain itu, Wattpad tidak hanya diakses melalui layanan web, tetapi dalam bentuk aplikasi yang bisa Anda install di smartphone, jadi tidak hanya melalui komputer ataupun laptop saja.

Buat Anda yang mempunyai kemampuan menulis cerita, itu akan menjadi bagian penting bagi Wattpad, kenapa? Karena penulislah yang menciptakan bacaan-bacaan untuk pengguna yang berstatus sebagai pembaca. Penulis dapat mempromosikan tulisannya kepada jutaan pembaca Wattpad dan mengetahui kemampuan diri melalui umpan balik yang diberikan.

Bagi Anda yang hobi membaca, terutama membaca cerita, tapi tidak ingin pusing karena membawa buku yang berat-berat, maka Anda bisa mengandalkan Wattpad. Lewat Wattpad Anda juga bisa bertukar ide tentang sebuah tulisan ataupun tentang bacaan.

Di tahun pertama peluncurannya, Wattpad menambahkan 17.000 ebook baru dari Project Gutenberg dan dua tahun kemudian mencatatkan rekor unduhan di angka 5 juga. Tak hanya itu gengs, di tahun yang sama, versi iOS diluncurkan ke App Store yang makin memperluas jangkauan Wattpad.

Popularitasnya yang kian melambung membuat Wattpad diganjar beberapa seri investasi, yang terbaru di bulan Januari 2018 mereka memperoleh pendanaan dari Tencent Holding Limited, BDC, Globe Telecom’s Kickstart Ventures, Peterson Group, Canso, dan Raine sebesar $51 juta.

Oh ya gengs, Wattpad juga punya aplikasi untuk pengguna Android lhoo.. yaitu Wattpad Mobile App. Jadi, kalian bisa mendowload aplikasi tersebut untuk memudahkan kalian dalam mengakses Wattpad, entah itu untuk posting tulisan atau cerita, baca cerita, mengomentari cerita tersebut atau hanya sekedar mem-vote karya orang lain.

Manfaat Menggunakan Wattpad

Setiap aplikasi pasti memiliki manfaat, tapi tergantung manusianya juga sih menggunakannya gimana. So, inilah manfaat menggunakan Wattpad:

  • Gratis. Yaps, untuk mendaftar di wattpad tidaklah mahal. Kenapa? Karena membuat akun di wattpad tidak perlu mengeluarkan biaya. Semuanya gratis!
  • Dapat membuat postingan Anda sendiri.
  • Bisa saling follow dengan pengguna akun wattpad lainnya.
  • Anda dapat menambahkan bacaan terfavorit Anda ke daftar bacaan atau ke daftar perpustakaan milik Anda.
  • Anda dapat memberi sebuah komentar pada bacaan.
  • Anda dapat menambahkan cover buatan anda sendiri.

Kelemahan dari Wattpad

Yah, namanya juga produk buatan manusia gengs, pasti ada kelemahannya dong. Berikut inilah kelemahan yang ada pada Wattpad:

  • Pornografi

Tidak bisa dipungkiri, media sosial memang rentan akan hal ini. Apalagi wattpad yang bisa di akses siapa aja. Bahkan anak umur 8 tahun bisa berpura-pura menjadi anak 17 tahun lalu membuat konten cerita dewasa. Who knows? Laki-laki juga bisa berperan sebagai perempuan, begitu sebaliknya. Karena, sifat yang bebas ini, banyak atau hampir melucuti cerita vulgar meski ada beberapa orang berotak yang menulis peringatan seperti [WARNING: BB+ ANAK UMUR DIBAWAH 18 TAHUN DILARANG BACA, BIJAKLAH DALAM MEMBACA]. Kira-kira begitu peringatannya tapi, semakin dilarang justru semakin penasaran, benerkan? Tapi, ada juga yang hilang kewarasannya, cerita vulgar tidak diberi warning, softcover tulisan bersifat mengundang. Maksudnya gambarnya lucu atau bahkan tidak sesuai isi.

  • Plagiator

Sebenarnya tidak ada hak paten di wattpad. Jujur saja, kita bisa merampas karya orang lain, memplagiat tanpa sepengetahuan orangnya atau mengganti nama tokoh dengan ide cerita dan alur yang sama. Jangankan wattpad, buku yang sudah di cetak aja bisa dibuat ide segar dengan merombak beberapa bagian tetapi idenya sama.

Inilah kejahatan moral yang menyedihkan. Ada yang bilang kan ada copyright? Don’t be stupid, karena itu cuma imitasi dan selebihnya pilihan. You know what i mean.

  • Bully dan Bertengkar

Dengan adanya fitur pesan pribadi dan komen, maka tak heran banyak penulis yang terkena bully dan tingkah kekanak-kanakan terakhir adalah bertengkar. Itu tergantung, penulisnya mau bagaimana sih, kalau dia emang mudah emosi yaudah selesai urusan.

Fitur-fitur pada Wattpad

Penasaran apa saja fitur-fitur yang ada pada Wattpad? Langsung saja yuk, ini dia fiturnya:

1. Format Huruf

Pengembang Wattpad tampaknya tahu betul bahwa tak semua pengguna nyaman membaca novel melalui layar smartphone yang relatif kecil. Untuk itu, mereka menyediakan tool khusus untuk mengubah ukuran dan juga jenis huruf dan pengaturan ekstra, misalnya mengatur orientasi layar, menghilangkan komentar inline, status bar, modus bacaan dan juga tingkat kecerahan layar (selain pengaturan default dari perangkat).

2. Komentar

Layaknya platform komunitas lainnya, Wattpad juga menyediakan kolom komentar untuk setiap bacaan. Melalui komentar, pembaca dapat memberikan input baik berupa saran atau kritikan kepada penulis. Sebaliknya, penulis juga bisa memberikan tanggapan untuk setiap masukan yang ia terima.

3. Vote

Selain berkomentar, sebagai bentuk apresiasi terhadap bacaan, pengguna juga bisa memberikan vote.

4. Share

Di bar yang sama dengan Vote, Anda juga bisa menemukan tombol Share untuk membagikan tulisan melalui aplikasi pihak ketiga misalnya WhatsApp, Facebook, Messenger, SMS, Email, Twitter dan lain sebagainya. Tapi di bar yang sama, Anda juga bisa menemukan tombol Facebook. Saya belum tahu apa bedanya dengan opsi di tombol Share sebelumnya. Bukankah fungsinya sama? Akan lebih baik jika spot tersebut ditempati oleh menu lain sehingga lebih efektif.

5. Invite Friends

Di menu akun dan juga Message, Anda juga akan menemukan fitur undang teman. Fitur undang teman ini tidak merujuk pada tulisan tertentu, tetapi lebih pada mengajak agar teman yang punya kegemaran serupa mencoba menggunakan Wattpad.

6. Modus Offline

Fitur ini pastinya sangat berguna bagi pengguna Wattpad, kenapa? Karena dengannya mereka tidak harus membakar kuota data untuk membaca bacaan favoritnya. Sebagian besar bacaan di Wattpad mempunyai jumlah bab yang tidak sedikit, sehingga membutuhkan waktu cukup panjang untuk membacanya sampai tuntas. Pengguna bisa mengunduh novel favoritnya untuk dibaca lagi nanti di waktu senggang.

Tetapi tidak semua bacaan di Wattpad bisa Anda baca secara offline. Syarat utama untuk melakukannya adalah dengan memasukkan novel pilihan ke dalam Library.

Istilah-istilah dalam Wattpad

Inilah berbagai istilah yang terdapat pada Wattpad:

  • Author: Biasanya penulis di Wattpad dipanggilnya “author” atau biar singkat dipanggil “thor”.
  • POV (Point Of View): Ini semacam sudut pandang dari cerita itu. Misalnya, Luthfia POV. Itu artinya pakek sudut pandang Luthfia di dalam cerita tersebut. Atau kalau pakek sudut pandang Author, itu biasanya pakek Author’s POV.
  • TBC (To Be Continue): Artinya ya bersambung. Jadi cerita itu bersambung ke part selanjutnya.
  • Asap (As Soon As Posible): Misal kita baca cerita, terus kita pengen lanjutannya itu cepat. Maka kita bisa nulis: kak lanjutannya ASAP yaa
  • Voment (Vote & Coment): Jadi, kita sebagai readers bisa kasih imbalan dari membaca cerita author dengan kasih vote dan koment. Cara kasih vote adalah tekan gambar bintang di pojok kanan atas (di komputer atau web) atau di bagian bawah tengah (di app) dan kita bisa koment cerita itu dengan menulis komentar kekurangan atau pujian buat cerita itu.
  • Silent Readers: Ini nih yang biasanya bikin geregetan author, kenapa? Karena mereka itu biasanya baca cerita author tapi gak kasih vote ataupun komentar sama cerita kita.
  • Dedikasi: Jadi kalau kita menulis cerita, kita bisa mendedikasiin cerita itu ke readers yang berdedikasi bikin kita semangat untuk tetap nulis. Biasanya dia kasih semangat lewat koment atau dia selalu vote cerita kita.
  • Fyi: Itu adalah for your information.
  • Watty/ Dunia Orange Jingga: Ini merupakan sebutan lain dari wattpad.
  • Multimedia: Kalau kita nulis cerita, kita bisa kasih foto atau video yang sesuai sama part itu. Biasanya author bakal bilang “cek mulmed ya”, itu maksudnya kalian bisa liat di multimedia kalau authornya kasih sebuah foto atau video di part itu. Kalau di app, mulmednya ada di awal partnya. Kalau di komp/web, ada di pojok kanan bawah.
  • Share: Itu maksudnya kita bisa nge-share cerita itu ke akun twiter.
  • Genre: Itu seperti tema kita tentang apa, misalnya seperti roman atau teenfiction. Dan kita bisa kasih 2 genre ditiap cerita yang kita tulis.
  • Update: Artinya kita habis menerbitkan cerita baru di wattpad.
  • Pembaharuan AKA Notification: Kalau Anda buka wattpad di web dan pakai bahasa Indonesia, Anda pasti nemuin kolom ini. Nah, maksudnya kolom pembaharuan itu kolom notifikasi. Misalnya ada yang voment cerita Anda, maka akan muncul di pembaharuan.
  • Library and Reading list: Jika Anda ingin mengetahui cerita yang Anda baca udah ada partnya belum, caranya dengan masukin cerita itu ke library atau reading list Anda. Nah, jadi Anda akan mengetahui jika author nerbitin part baru.
  • Follow: Itu artinya saling mengikuti.
  • A/N: Kalau diartikan secara resmi, artinya atas nama. Tapi kalau di wattpad, semacam note dari author gitu.
  • Ambassador: Ini adalah untuk melaporkan jika terdapat masalah pada wattpad, entah itu gakbisa di voment atau apapun.
  • Hiatus: Itu merupakan vakum dari wattpad.
  • Private Story: Itu adalah salah satu sistem yang memproteksi cerita dari serangan mirror web, syarat untuk membaca cerita yang terprivate adalah dengan memfollow akun yang bersangkutan. Jadi intinya adalah harus bikin satu akun di wattpad, baru bisa baca ceritanya.

Genre-genre Buku yang Tersedia di Wattpad

  1. Roman
  2. Humor
  3. Horor
  4. Fiksi Remaja
  5. Cerita Pendek
  6. Laga atau Action
  7. Spiritual
  8. Fiksi Ilmiah
  9. Paranormal
  10. Petualangan
  11. Fiksi Penggemar
  12. Fiksi Umum
  13. Vampir
  14. Non Fiksi
  15. Fantasy
  16. Misteri atau Getaran
  17. Fiksi Sejarah
  18. Puisi
  19. Manusia Serigala
  20. Klasik, dll.

Cara Daftar Wattpad di Android, PC, IOS, WP

Untuk cara mendafatr wattpad bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dari Androis, iOS, Windows Phone atau PC dengan mengunjungi www.wattpad.com. Berikut inilah cara daftar di android:

  1. Buka playstore lalu cari aplikasi wattpad.
  2. Kemudian tekan install dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  3. Buka aplikasi wattpad lalu daftar, agar lebih mudah daftarlah menggunakan akun facebook dengan menekan tombol facebook.
  4. Masukkan email/hp dan password facebook lalu masuk dan lanjutkan.
  5. Wattpad sudah bisa digunakan.

Cara Mengunggah Cerita di Wattpad

Wattpad adalah media sosial yang menghubungkan penulis dengan pembaca. Anda mengeposkan cerita dan memperoleh pengikut (follower) ketika orang lain membaca cerita Anda. Untuk memulai Anda cukup membuat akun di media sosial ini.

1. Membuat Akun

  • Temukan Label untuk Penulis
    Pergilah ke laman utama situs Wattpad. Laman utama situs ini khusus didesain bagi pembaca dan orang yang ingin mendaftar sebagai pembaca. Namun, Anda bisa menemukan tombol kecil yang biasanya terletak di dasar halaman yang akan membawa Anda ke laman penulis. Di sini, Anda akan diberikan informasi yang dibutuhkan perihal Wattpad.
  • Buatlah Akun Pribadi Anda
    Anda akan mendaftar masuk akun pembaca, tetapi akun ini dapat digunakan untuk mengeposkan cerita. Anda bisa mendaftar dari akun Facebook untuk membuat akun Wattpad. Namun, jika mau, Anda bisa menggunakan alamat surel, nama pengguna, dan kata kunci untuk membuat akun.
  • Pilih Tiga Cerita
    Pada laman selanjutnya, laman pendaftaran meminta Anda memilih tiga cerita untuk diikuti. Anda dapat mencari beberapa jenis cerita berdasarkan keyword, lalu klik pada sampul cerita untuk memilih.

2. Membuat Profil

  • Klik pada Menu Tarik-turun di bagian Kanan Atas Layar Monitor
    Pilihlah “My Profile” dari menu. Anda perlu membuat profil karena pembaca akan tertarik pada diri Anda. Pada laman tersebut, klik “Edit Profile.”
  • Buatlah Biografi Singkat
    Biarkan pembaca mengetahui siapa diri Anda. Anda bisa menuliskan informasi latar belakang, termasuk pendidikan dan sedikit profil keluarga, jika Anda mau. Sebaiknya Anda menuliskan sedikit perihal tulisan Anda karena biografi akan dibaca pembaca cerita Anda. Diskusikan perihal gaya dan cerita yang ingin ditulis. Anda juga bisa bercerita perihal awal mula menulis.
    a. Biografi ini harus dalam sudut pandang orang pertama. Dengan kata lain, gunakanlah kata “aku” atau “saya” dalam biografi Anda.
    b. Sebagai contoh, katakanlah, “Aku adalah penulis fiksi yang tinggal di Jakarta bersama 2 anak manis dan 3 kucing lucu. Aku suka menulis cerita fantasi, mulai dari putri negeri dongeng sampai kelamnya distopia. Gaya menulisku lugas dan sarat akan humor.”
  • Masukkan Nama Penulis
    Anda dapat menggunakan nama asli sebagai nama pengarang. Namun, Anda juga bisa memilih nama pena untuk karya tulis Anda. Masukkan nama pada kotak dekat puncak laman.
  • Tambahkan Gambar
    Anda bisa mengubah gambar latar supaya sesuai dengan kepribadian Anda. Anda juga bisa mengunggah foto diri untuk ditampilkan di laman.

3. Menerbitkan Cerita

  • Klik “Create.”
    Pada puncak laman terdapat tombol bertuliskan “Create.” Anda harus masuk ke akun untuk dapat melihat tombol ini. Tombol itu akan membawa Anda ke laman dengan tombol bertuliskan “Create a Story.” Klik tombol ini.
  • Buat Judul
    Pertama-tama, masukkan judul cerita. Judul ini bisa berupa apa saja. Judul dapat menggambarkan atau memberikan nuansa misteri pada cerita.
  • Tambahkan Sampul Cerita
    Layaknya gambar latar, Anda dapat mengunggah sampul cerita untuk menggambarkan nuansa buku. Pastikan untuk menyertakan judul dan nama pena pada sampul cerita. Selain itu, pastikan sampul sesuai dengan genre cerita. Tidak mungkin Anda menggunakan sampul yang gelap dan bersimbah darah untuk cerita romansa.
  • Buatlah Deskripsi Cerita
    Deskripsi cerita sangat penting karena fungsinya menjual cerita kepada pembaca. Deksripsi ini layaknya ringkasan pada sampul belakang novel. Deskripsi yang baik akan menggugah minat pembaca tanpa terlalu banyak membocorkan cerita.
    a. Jangan lupa sertakan nama tokoh utama dan latar cerita.
    b. Gunakan penggambaran yang kuat, dan pastikan penggambaran sesuai dengan cerita yang ditulis. Sebagai contoh, Anda sebaiknya tidak mencantumkan kalimat “Lestari mendambakan pinangan seorang pria” pada cerita thriller kriminal karena lebih sesuai untuk cerita romansa.
    c. Jangan buat deskripsi terlalu panjang. Sebaiknya deskripsi hanya terdiri dari 100-150 kata.
  • Pilih Tag
    Tag adalah kata kunci yang menggambarkan cerita Anda. Tag dibuat untuk membantu para pembaca untuk menemukan jenis cerita yang ingin dibaca. Pilihlah tag yang mencakup latar, genre, dan nuansa cerita Anda. Sebagai contoh, cerita hantu saat berkemah sebaiknya memakai tag “hantu,” “gentayangan,” “cerita berkemah,” “seram,” “menakutkan,” dan lain sebagainya. Tambahkan tag dengan mengeklik “Add a Tag” di bawah kotak deskripsi.
  • Pilihlah Genre Cerita
    Genre adalah jenis cerita yang ditulis. Anda bisa memilih berbagai kategori, misalnya “Fanfiction,” “Humor,” “Romansa,” atau “Spiritual.” Jika cerita Anda termasuk dalam dua kategori, pilihlah satu yang paling dominan.
  • Tentukan Opsi
    Dari menu tarik-turun, pilihlah bahasa utama cerita Anda. Kemudian, pilihlah hak cipta yang ingin dimiliki. Jika Anda tidak memahami hak cipta, sebaiknya pilih “All Rights Reserved,” yang artinya semua hak cipta tinggal bersama Anda. Anda juga harus menentukan apakah cerita dikhususkan kepada pembaca dewasa. Simpan semua pilihan dan perubahan dan lanjutkan ke laman berikutnya.
  • Mulailah Cerita yang Pertama
    Begitu semua informasi masukan sudah dimasukkan, Anda bisa menerbitkan bagian pertama dari cerita. Klik “Untitled Part ” pada laman berikutnya, Tik teks pada laman berikutnya. Jika sudah selesai, klik “submit”. Anda juga bisa menambahkan judul pada tiap bagian, beserta video atau foto dengan mengeklik tombol-tombol di laman ini.
  • Sering-seringlah Mengunggah Cerita Baru
    Anda dapat menambahkan kelanjutan cerita pada halaman tempat Anda melihat tulisan “Untitled Part 1” dengan mengeklik “+ New Part.” Pembaca Wattpad mengharapkan adanya cerita baru secara teratur. Anda sebaiknya mengunggah kelanjutan cerita setidaknya seminggu sekali, tetapi dua atau tiga kali seminggu akan lebih bagus lagi.

Gimana? Menarik bukan? So, buat kalian yang hobi menulis dan membaca inilah aplikasi yang sangat pas untuk kalian. Dengan itu kalian bisa mengekspresikan diri dan meningkatkan kemampuan menulis kalian. Semoga bermanfaat.

« Previous Post
Next Post »