Viu, Aplikasi Yang Wajib Dimiliki Bagi Pecinta Film

Hayo siapa di sini yang suka nonton, terutama nonton drama Korea. Biasanya sih yang nonton drama Korea ini kebanyakan cewek-cewek. Nah, kebetulan sekali buat kalian yang memang suka nonton, ada sebuah aplikasi keren yang bisa nyediain tontonan yang bagus-bagus untuk kalian.

Jadi kalian gak perlu repot-repot lagi, nanya sana-sini film apa yang bagus, karena dalam aplikasi ini sudah nyediain banyak tontonan yang menarik. Di sini kalian juga tidak perlu mencari world wide web untuk sumber-sumber yang ilegal yang mungkin dapat menginfeksi perangkat kalian dengan virus.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah kalian dapat mendownload film Korea kesayangan kalian secara gratis. Jadinya kalian tetap dapat menonton oppa kalian secara offline dan on-the-go! Tertarik untuk mencari tahu lebih banyak? Kalian bisa membaca ulasannya disini.

Menonton Lebih Gampang Dengan Menggunakan Aplikasi Viu

Aplikasi viu adalah sebuah platform mobile legal yang dilokalkan dan juga menyediakan video online di wilayah Asia Pasifik. Viu juga menyediakan akses gratis ke sebuah perpustakaan  Korea dan Jepang dengan teks bahasa Inggris.

Semua drama ataupun film dari Korea dan Jepang bahkan acara populer yang ada di Korea dapat langsung tersedia di viu yaitu 8 hingga 24 jam setelah siaran aslinya tayang. Kalian gak perlu menghabiskan waktu untuk browsing internet hanya untuk mencari sumber-sumber yang ilegal dan kalian juga gak perlu khawatir, pada saat menonton film akan dihentikan karena masalah hak cipta.

Hal lain yang bisa di dapat dari aplikasi viu ini adalah pengalaman menonton yang lancar di seluruh perangkat baik dari komputer, tablet ataupun ponsel.

Yang tersedia dari viu ini adalah serial drama Korea dan Jepang, gaya hidup Korea, musik dan acara varietas yang melayani semua kelompok usia yang berbeda.

Pada Awalnya Aplikasi Ini Bernama Viki

Perusahaan viu ini ketika masih awal diberi nama Viki yang ternyata didirikan oleh Razmig Hovaghimian, Jiwon Moon dan Changseong Ho, yang merupakan mahasiswa-mahasiswa di universitas Harvard dan Stanford.

Moon ini adalah seorang mahasiswa yang mengambil jurusan teknologi pendidikan. Pada waktu itu Viki adalah tugas eksperimental yang ia buat agar seseorang lebih mudah dalam memahami bahasa.

Setelah mereka lulus dari universitas, para pendiri Viki semakin bersemangat dan terus mengembangkan produk tersebut meskipun mereka telah bekerja diberbagai perusahaan yang berbeda.

Nah, ketika bekerja di NBC Universal, Hovaghimian kemudian menyadari bahwa masalah lisensi telah menjadi penghalang suatu program untuk ditayangkan di luar wilayah tayangnya. Terlepas dari hal tersebut, Viki tetap menjadi suatu wadah untuk berbagi hiburan antar lintas wilayah.

Ketika mereka mencoba untuk menggabungkan pembuatan teks terjemahan oleh para penggemar dan hak distribusi global, ternyata membuat Viki menjadi semakin berkembang dan para pendirinya pun berhenti dari pekerjaa mereka masing-masing

Pada tahun 2008, Hovaghimian dinyatakan resmi menjabat sebagai CEO Viki, sementara Ho menjabat sebagai CTO dan Moon menjabat sebagai CPO dan akhirnya mereka bergabung dalam satu perusahaan.

Kemudian pada bulan Desember 2010, Viki secara resmi diluncurkan. Perusahaan tersebut langsung mendapatkan venture funding Serie A senilai 4,3 juta dolar A.S dari Greylock Partners, Andreessen Horowitz, Charles River Ventures dan Neoteny Labs.

Pada tahun berikutnya, BBC Worldwide dan SK Telecom kemudian bergabung sebagai investor. Total pembiayaan yang diraih Viki adalah mencapai 25 juta dolar A.S. Tahun 2012, dalam proses kesepakatan lisensi konten dengan Viki, BBC Worldwide setuju untuk menyediakan iklan untuk Viki. BBC Worldwide yang kemudian menggabungkan iklan-iklan Viki dengan iklan-iklannya.

Pada bulan Maret 2012, Viki mulai menayangkan Ozma, anime besar pertama dalam lima tahun karya Leiji Matsumoto, secara serentak. Para pengguna Viki pun dapat menonton episode-episode Ozma hanya dalam waktu 24 jam setelah ditayangkan di kanal televisi Jepang, WOWOW. Pada September 2012, Viki juga mengumumkan akan menayangkan seri anime berjudul The Rose of Versailles.

Selanjutnya pada bulan Mei 2012, Viki  telah membuat kesepakatan dengan label rekaman dan agensi untuk merambah industri video musik. Label-label yang menjadi rekanan Viki dalam industri video musik termasuk Warner Music Group, SEED Music Group dari Taiwan dan LOEN Entertainment dari Korea.

Kerjasama tersebut ternyata membuat perusahaan-perusahaan musik mampu mencakup pasar yang lebih luas di luar pasar lokal mereka. Business Insider melaporkan bahwa para pengguna Viki telah menerjemahkan lagu Gangnam Style yang dinyanyikan oleh PSY ke dalam 17 bahasa.

Memasuki bulan Juli 2012, perusahaan mengumumkan kesepakatan kerja sama dengan Renren, jejaring sosial asal Tiongkok, untuk mengembangkan kanal video pada 56.com, jaringan video sharing milik Renren.

Kanal khusus tersebut akan diberi nama “VikiZone”. Sebagian besar kanal tersebut akan menyajikan teks terjemahan untuk tayangan-tayangan Cartoon Network dan drama-drama TNT, 24 jam setelah ditayangkan di Amerika Serikat dan juga program-program dari Jepang dan Korea. Renren juga memiliki 160 juta pengguna yang telah terdaftar.

Viki memiliki kesepakatan melakukan distribusi dengan Hulu, Netflix, Yahoo! dan MSN dan juga kontrak konten dengan NBC, A&E, BBC, TVB (Hong Kong), SBS (Korea), Fuji TV (Jepang) dan Amedia (Rusia).

Dalam model terkininya, Viki akhirnya mendapatkan hak untuk menampilkan tayangan video, musik dan program televisi. Para suka relawan akan menyediakan teks terjemahan. Kemudian teks terjemahan tersebut di siarkan secara online pada platform-platform yang berbeda, pada ”mobile apps” atau aplikasi seluler dan pada ”smart TV”.

Konten tersebut pastinya akan langsung dapat dinikmati secara gratis oleh para pengguna Viki. Viki dan para penyiar konten membagi pendapatan dari iklan-iklan yang ditayangkan di bagian awal video Viki tersedia pada iOS dan Android, iPad, Samsung Galaxy dan Kindle Fire.

Kecepatan para pengguna Viki dalam membuat teks terjemahan dari program-program yang ada dapat membantu memberantas internet piracy atau pembajakan internet: Secara umum, para pembajak membutuhkan waktu 72 jam untuk membuat teks terjemahan untuk suatu tayangan, sementara komunitas Viki dapat menyediakan teks terjemahan hanya dalam waktu satu hari.

Sebagian besar pengguna Viki berasal dari Amerika Utara (40%) atau Asia Tenggara (30%). Sekitar 15% dari para pengguna berasal dari Eropa, terutama Perancis.

Bagian-Bagian Dari Aplikasi Viu Pada Seluler

Kalian memang dapat menonton pertunjukan yang ada di Viu melalui komputer desktop dan laptop kalian. Akan tetapi dalam ulasan kali ini, kita hanya berfokus pada aplikasi yang ada pada seluler. Berikut ini adalah beberapa bagian aplikasi viu pada seluler.

Homepage

Ketika kalian membuka Viu app, situs akan menampilkan semua trailer drama Korea terbaru, episode terbaru dari drama berlangsung dan bahkan hiburan berita dari K1. Jadi kalau kalian agak bingung dan tidak tahu apa yang harus kalian nonton terlebih dahulu, maka situs ini akan membantu kalian dalam memutuskannya.

Navigasi

Nah, kalau kalian sedang mencari sesuatu yang lebih spesifik, maka Viu juga memiliki tata letak kategori dari beberapa drama atau film yang baru dirilis (episode baru atau acara), drama Korea, berbagai acara Korea, drama-drama Jepang dan masih banyak lagi.

Selain itu, dalam aplikasi ini juga memiliki tab besar dimana kalian bisa mengetik acara atau film secara khusus dan bahkan kalian bisa mencari nama aktor/aktris yang kalian ingin menonton. Akhirnya, kita bisa melihat favorit kita tanpu perlu repot lagi, gak cuma itu, aplikasi ini juga menyediakan halaman sejarah sehingga kalian dapat memeriksa sampai pada bagian mana yang telah kalian nonton.

Boomark

Semua thumbnail video memiliki logo lingkaran kecil dengan tanda plus di dalam terletak di sudut kanan bawah. Kalian tinggal mengkliknya dan episode akan langsung ditambahkan ke bookmark. Ini seperti “Daftar pantauan” yang mana kalian dapat mengatur acara yang kalian suka.

Seleksi Episode

Pada tampilan desktop, tata letaknya hampir sama dengan YouTube. Pemutar videonya ada di sebelah kiri dan ada tab di sebelah kanan dimana kalian bisa memilih episode sendiri. Sementara pada aplikasi mobile, peletakannya hampir sama dengan aplikasi YouTube juga, tapi bedanya adalah pemilihan episodenya dalam bentuk bergulir dan di geser ke sebelah kiri.

Akan tetapi, ketika kalian mengklik “Tampilkan semua” daftar jumlah episode akan drop down. Itu sangat keren, mudah dan cepat. Ada juga rekomendasi di bagian bawah halaman, menampilkan seri lainnya yang berkaitan dengan acara yang kalian nonton saat ini.

Pemutaran melalui video

Nah, hal lain yang menarik di viu ini adalah kalian bisa menonton di Viu dalam layar penuh. Viu menawarkan 480p video streaming yang berkualitas dengan resolusi HD 1080p. Tapi tetap saja itu tergantung pada koneksi internet kalian guys, kecepatan minimum download untuk kualitas SD adalah 1 Mbps.

Bagian yang paling menarik dari viu ini adalah bahwa viu dapat memutar film berikutnya secara otomatis dan ini sama persis ketika kita menonton di Netfix.

Pada saat menonton, di tengah-tengah bagian episode mungkin kita akan merasa ngantuk tapi jadi dilema karena takut episode yang kalian nonton akan hilang. Di sini kalian gak perlu khawatir guys karena kalian dapat keluar kapan saja.

Ketika kalian membuka setiap episode dalam acara apapun, maka ini akan secara otomatis mulai pada episode yang kalian nonton terakhir. Plus itu juga direkam pada halaman history yang tadi saya sebutkan diatas.

Tentu saja, tidak ada yang sempurna di dunia ini termasuk dalam aplikasi ini. Pasti gak enak rasanya kalau lagi enak-enak nonton trus tiba-tiba muncul iklan. Nah, itulah yang ada viu ini, selain iklan banner, ada juga iklan video yang bermain sekali atau dua kali di tengah-tengah setiap episode (tergantung pada setiap acara) sama seperti iklan video di YouTube yang berdurasi 5 detik.

Iklan di viu sangat singkat dan kalian juga bisa melewatinya. Sebenarnya ini gak mengganggu sih tapi setidaknya ini lebih baik daripada iklan iklan TV kan guys. Cara lain untuk menikmati menonton K-drama adalah dengan menggunakan proyektor.

Lantas Bagaimana Cara Mendownload K-dramas & Film Untuk Ditonton Secara Offline?

Tidak diragukan lagi, ini akan menjadi fitur favorit setiap orang karena kami tidak perlu menggunakan koneksi data. Kalian tetap dapat menonton drama Korea di aplikasi viu pada saat berpergian atau sedang berada di tempat lain. Cukup klik vertikal tiga titik di sudut kanan atas video dan klik “Download” dan itu akan disimpan pada perangkat kalian untuk menonton secara offline.

Kelemahan

Kelemahan dari fitur ini adalah bahwa kalian hanya dapat mengunduh maksimum tiga episode untuk mereka yang menggunakan keanggotaan gratis. Jika kalian ingin unlimited episode mingguan, maka kalian harus meng-upgrade ke keanggotaan premium.

Kelebihan:

  • Kalian dapat menonton drama Korea dan Jepang yang tak terbatas secara gratis dengan English subtitles dan pada November 2017, film Asia sudah tersedia untuk anggota premium! Jadi kalian tidak perlu lagi mencari sumberdaya ilegal untuk menonton drama Korea secara online.
  • Episode terbaru di-upload 8 jam setelah siaran aslinya.
  • Aku tidak tahu persis berapa banyak drama Korea terbaru yang dikeluarkan, mungkin terlalu banyak! Gak hanya terbaru, tetapi beberapa drama awal tahun 2000 ‘s juga masih tersedia.
  • Navigasi yang mudah
  • Kualitis video sangat baik
  • Tersedia untuk Android dan pengguna iOs dan bahkan pada desktop.

Nah, itu dia perangkat viu yang akan memudahkan kita untuk menonton drama Korea. Jadi kalian gak perlu repot-repot nyari film untuk di tonton. Kalian cuma perlu klik dan tinggal nonton aja. Gimana keren kan. Cobain aja guys gak bakal nyesel kok.

« Previous Post
Next Post »