‘ShareIt’, Aplikasi Transfer File Dengan Cepat

Jika kita ingin mengirim foto, video dan musik itu biasanya sih pasti lewat bluetooth. Ya, kalau sekarang mungkin lebih mudah dengan adanya aplikasi ShareIt. Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum mengetahui aplikasi tersebut. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas apa itu ShareIt. Yuk, ikuti terus artikel ini.

Pengertian ShareIt

Shareit adalah aplikasi buatan Lenovo, software aplikasi ini memungkinkan kita untuk berbagi berbagai jenis file, contohnya gambar, video, aplikasi atau pun yang lainnya. Lenovo menyatakan bahwa kecepatan transfer shareIt lebih cepat 60 kali dibandingkan dengan kecepatan transfer bluetooth.

Hal ini karena shareIt menggunakan media Wi-Fi untuk mengirimkan file, walaupun Wi-Fi nya tidak tersambung ke internet. Kamu tidak perlu khawatir dalam urusan kuota data internet, karena shareIt sama sekali tidak memakai kuota data di dalam perangkatmu, jadi kamu tidak perlu takut kuota di perangkatmu akan terpotong oleh aplikasi ini. Selain itu ShareIt dapat di install di berbagai sistem operasi, yaitu Android, iOS dan Windows (PC) dengan syarat hardware PC mendukung Wi-Fi.

Untuk berbagi file biasanya kita sering menggunakan bluetooth. Tetapi sampai saat ini jika kita mengirim file yang mempunyai kapasitas besar dengan bluetooth maka akan dipastikan butuh waktu yang lumayan lama untuk proses pengiriman file bukan?

Contohnya jika kamu mengirim file dengan ukuran 350-400 MB dengan bluetooth, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama, mungkin sampai 20 menit bahkan bisa saja lebih. Tetapi jika kamu menggunakan aplikasi shareIt maka mengirim file dengan ukuran 350-400 MB hanya membutuhkan waktu 1-2 menit saja untuk proses transfer filenya, tetapi dengan catatan jarak antar perangkat saat proses transfer file sedang berjalan tidak boleh terlalu jauh.

Nah dengan berkembangnya teknologi di zaman modern ini banyak hal yang dapat memudahkan kita semua diantaranya untuk berbagi dokumen, foto, musik, video dan bahkan aplikasi dengan cepat seperti SharetIt. Sama seperti halnya dulu ketika infrared digantikan oleh bluetooth. Teknologi yang canggih semakin mempermudah kita dalam berbagai hal.

ShareIt merupakan alat transfer berkas Cross-platform dan jarak dekat pertama di dunia. Jika kita ingin mengirim file maka kita harus mengaktifkan wifi sedangkan jika kita ingin menerima file kita harus mengaktifkan hotspot. Bahkan sampai sekarang shareIt telah diunduh lebih dari 600 juta penggunanya. Wow sungguh luar biasa ya.

Selain itu juga dengan shareIt, kamu akan dengan mudah berbagi aplikasi android kepada teman kamu, karena dengan aplikasi ini kamu tidak perlu lagi mengubah file aplikasi ke bentuk apk terlebih dahulu dsb untuk mengirim aplikasi, di shareIt kamu langsung bisa mengirim aplikasi yang sudah terinstal di perangkatmu tanpa perlu dimentahkan terlebih dahulu.

Tidak hanya pada android saja, kamu juga akan dengan mudah berbagi file dengan berbagai platform yang meliputi Windows, IOS dan yang pastinya Android. Jadi kamu akan lebih mudah mentranfer file ke perangkat komputer, laptop, windows phone hingga Iphone.

Cara Menggunakan ShareIt

Sebelumnya, aplikasi shareIt bisa kamu download di Play Store. Untuk yang pertama kali menggunakan aplikasi ini, nantinya kamu harus mengisi “Nama Profil” dan “Foto Profil” yang akan menjadi profil khusus shareIt di perangkatmu, untuk Foto Profil kamu bisa juga menggunakan 8 Avatar yang telah disediakan oleh shareIt. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini beberapa cara yang harus lakukan untuk berbagi file:

Cara Mengirim File Lewat ShareIt:

  • Buka aplikasi shareIt
  • Pilih kirim
  • Tandai file atau beberapa file yang akan Kamu Kirim
  • Kemudian pilih kirim yang terletak di bawah
  • Selanjutnya shareIt akan mendeteksi dan tunggu hingga avatar perangkat yang akan menerima file muncul
  • Jika sudah muncul maka kamu tinggal sentuh avatar perangkat yang akan menerima filenya
  • Yang terakhir tunggu hingga proses pengiriman filenya selesai

Cara Menerima File Lewat ShareIt:

  • Buka aplikasi shareIt
  • Pilih terima
  • Tunggu perangkat pengirim mendeteksi perangkatmu
  • Kamu tinggal menyetujuinya
  • Tunggu hingga proses pengiriman filenya selesai

Kekurangan ShareIt

Di samping berbagai kelebihan, maka shareIt masih ada beberapa kekurangan namun tidak terlalu bermasalah dan juga tidak mempengaruhi kecepatan transfer file pada shareit seperti berikut ini:

  • Aplikasi ini hanya bisa bekerja ketika perangkat dari pengirim dan penerima sama-sama menggunakan shareIt
  • Tidak bisa mengirim maupun menerima file jika salah satu perangkat sedang dalam status offline
  • Hanya bisa koneksi dan transfer file dalam jarak dekat
  • Bagi perangkat IOS memakan sampai 29,6MB kapasitas penyimpanan dalam memori dan dengan syarat harus versi IOS 6.0 ke atas
  • Shareit masih ada iklan di dalamnya dan berita-berita lain yang dapat mempengaruhi proses transfering
  • Shareit tidak benar-benar aman, kemungkinan adanya virus dan software-software bahaya
  • Aplikasi tidak support untuk MAC OS X

Nah yang menariknya lagi adalah agar mudah dimengerti oleh penggunanya, shareIt menawarkan desain yang disesuaikan dengan negara yang berbeda. Tak hanya itu, shareIt juga dilengkapi dengan 39 bahasa yang berbeda untuk memudahkan penggunanya di seluruh dunia termasuk diantaranya bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Perancis, Spanyol, Rusia, Arab dan China.

Menurut CEO SHAREit Technology Limited, Michael Qui, dengan kemampuan mengirimkan file dengan mudah, cepat dan hemat biaya, shareIt menawarkan solusi konektivitas yang memungkinkan penggunanya dapat bekerja lebih smart dan efisien. Oleh karena itu, anak-anak muda zaman sekarang banyak yang menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga menggunakan jalur WiFi yang aman melalui proses autentifikasi dua arah yang akan memastikan keamanan proses pengiriman data. Dengan begitu, pengguna dapat saling berbagi konten video, data pribadi maupun aplikasi game dengan aman dan mudah. Autentifikasi dua arah ini mampu mencegah terjadinya pencurian data.

Satu lagi, aplikasi shareIt ini juga bisa secara otomatis menemukan sesama perangkat yang sudah terinstal shareIt satu dengan lainnya yang berada dalam area tertentu. Hal ini tentu membuat proses pengiriman file menjadi sangat mudah. Karena pengguna tidak perlu repot-repot melakukan konfigurasi dari awal.

Berbagai kemampuan dan fitur yang dimiliki shareIt membuat aplikasi ini sempat menduduki peringkat pertama di Google Play Store Indonesia dan India. Tak hanya itu, jumlah berbagai berkas yang ditransfer dengan shareIt kini mencapai lebih dari 700 juta setiap hari. Waw jumlah yang sangat fantastis bukan?

Dengan perkembangan sangat besar di dunia IT, maka ribuan aplikasi mobile dikeluarkan dan saling bersaingan. Akan tetapi, aplikasi ini tidak berhenti memnyempurnakan diri, menyediakan lebih banyak fitur, memperbaiki tampilan antarmuka dan memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil untuk memberikan kepuasan bagi pengguna. Namun, tidak ada aplikasi yang sempurna, disamping berbagai kelebihan pasti ada kekurangan seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Nah sekiranya begitulah kurang lebih ulasan mengenai aplikasi ShareIt di atas tersebut. Semoga dapat dipahami dan dimengerti semua para pembaca…

« Previous Post
Next Post »