Mengenal PodCast Yang Sedang Diperbincangkan Setiap Orang

Terkadang sosial media dipergunakan untuk hal-hal yang tidak berguna. Tetapi sebagian dari mereka yang mempergunakannya sebaik mungkin dengan menemukan informasi-informasi baru. Contohnya seperti PodCast. Apakah ada yang tau dengan Podcast? Podcast merupakan salah satu aplikasi yang berbentuk file audio bahkan juga ada berbentuk file vidio yang membantu untuk menambah informasi. Nah kali ini saya akan menjelaskannya secara jelas. Yuk mari simak ulasan berikut ini.

Apa Itu PodCast?

PodCast merupakan suatu aplikasi yang berbentuk file suara (audio) yang terdapat pada playstore android dan bisa ditempatkan pada handphone, komputer ataupun ditempatkan pada laptop sesuai dengan keinginan kamu dimana mau ditempatkannya.

Hanya saja ada satu unsur yang membedakan podcast dari aplikasi lainnya yaitu Teknologi Sindikasi yang dikenal dengan “RSS (Really Simple Syndication)”, merupakan teknologi yang merujuk bagaimana cara mensindikasikan sebuah situs web (web sindication) dan memudahkan pada manajemen dengan berbagai informasi pada sebuah website tersebut.

Podcast juga mirip dengan aplikasi suara lainnya, tetapi podcast kebanyakan untuk melakukan wawancara atau memberi komentar dan kemudian menguploadnya ke sosial media untuk diperdengarkan ke semua orang. Podcast tersebut bisa berisi tentang berita terhangat mengenai kehidupan artis ataupun hal lainnya dalam bentuk vidio ataupun audio.

Ada pula istilah lainnya yang dimaksud dengan “PodCasting” yang merupakan suatu pendistribusian program audio dan video lewat internet dengan memberikan keleluasaan kepada subcriber untuk memilih file yang dikehendaki (yang selanjutnya dikenal sebagai feed), yang didistribusikan secara broadcast sebagai Program on demand.

Sejarah Singkat Mengenai PodCast

Pada sekitaran tahun 2005, PodCast mulai dikenali oleh semua orang. Tetapi pada tahun 2007, PodCast mulai banyak digunakan dan berkembang pada tahun 2011 hingga sekarang. PodCast berasal dari kata yang dibentuk dari kata “iPod” dan “Broadcast”. Penggunaan istilah PodCast juga mendahului penambahan dukungan formal Apple untuk PodCast ke iPod atau perangkat lunak iTunesnya.

Sedangkan istilah “PodCasting” diusulkan oleh kolumnis The Guardian dan wartawan BBC Ben Hammersley, pada awal Februari 2004 saat “Padding out”. Nama lain untuk PodCasting ialah “Cor bersih” atau yang dimaksudkan sebagai istilah vendor netral tanpa referensi longgar ke Apple iPod. Nama ini digunakan oleh acara dari jaringan TWiT.tv.

Podcasting dulunya merupakan metode penyebaran informasi yang tidak jelas, dan saat ini telah menjadi media yang diakui untuk mendistribusikan konten audio, baik untuk penggunaan korporat atau pribadi. PodCasting mirip dengan program radio, tetapi mereka adalah file audio. Pendengar dapat memainkannya pada kenyamanan mereka, menggunakan perangkat yang telah menjadi lebih umum dari pada penerima siaran portabel.

Aplikasi oleh August Trometer dan Ray Slakinski. Pada tahun 2007, PodCast audio melakukan apa yang dilakukan secara historis dan dicapai melalui siaran radio, yang telah menjadi sumber acara bincang-bincang radio dan program berita sejak tahun 1930. Pergeseran ini terjadi sebagai akibat dari evolusi kemampuan internet bersama dengan peningkatan akses konsumen ke perangkat keras dan perangkat lunak yang lebih murah untuk perekaman dan pengeditan audio.

Apa Saja Jenis-jenis PodCast?

Ada beberapa jenis podcast yang bisa digunakan pada handphone, komputer ataupun pada laptop antara lain sebagai berikut:

1. Video PodCast

Sebuah PodCast video (Vodcast) termasuk klip video. Web serial televisi sering didistribusikan sebagai podcast video, karena penyebaran internet dan penggunaan broadband koneksi internet TCP telah dibuat dan sejumlah vodcast telah dibuat untuk melakukan komunikasi.

Klip video tersebut kebanyakan sekarang diserahkan dan diproduksi oleh individu dan menjadi lebih umum. Video pod-gips juga digunakan untuk televisi web, atau sering disebut sebagai Web TV, yang merupakan sebuah genre yang berkembang pesat dari hiburan digital dengan menggunakan berbagai bentuk media baru untuk memberikan acara asli atau seri ke penonton.

Video pod-gips digunakan pada televisi web yang biasanya berbentuk singkat, dengan durasi dari 2 sampai 9 menit per episode. Vidio pod-gips biasanya digunakan untuk iklan, blog video, film amatir, jurnalisme dan konvergensi dengan media tradisional.

2. Podcast Ditingkatkan

Sebuah podcast ditingkatkan untuk mendapatkan penampilan gambar yang secara bersamaan dengan audio. Penampilan gambar tersebut bisa didapatkan berupa berisi penanda bab, hyperlink, dan karya seni, semua yang disinkronisasikan untuk program tertentu atau perangkat.

Ketika sebuah podcast ditingkatkan atau dimainkan dalam program yang khusus atau perangkat, semua informasi yang tepat harus ditampilkan pada waktu yang bersamaan dan dijendela yang sama, sehingga lebih mudah untuk menampilkan materi.

Podcasting ditingkatkan dan dianggap menjadi cara yang sangat praktis untuk menyajikan informasi. Fenomena teknologi baru menjadi lebih menonjol disekolah, universitas dan bisnis, karena merupakan cara yang efisien untuk menyajikan kuliah sekolah dan universitas, tampilan slide, klip video, dan materi presentasi lainnya dari sejenisnya.

3. Podcast Novel

Sebuah novel podcast (audiobook serial) adalah format sastra yang menggabungkan konsep podcast dan buku audio. Seperti sebuah novel tradisional, sebuah novel podcast adalah karya sastra dari fiksi yang panjang. Namun, audiobook ini berbentuk baru yang dicatat dalam episode yang disampaikan secara online selama periode waktu dan pada akhirnya tersedia sebagai karya lengkap untuk didownload.

Episode dapat dikirim secara otomatis melalui RSS, atau melalui situs web, blog, atau metode sindikasi lainnya. File-file ini baik didengarkan secara langsung pada komputer pengguna atau dimuat ke perangkat media portabel untuk didengarkan.

Dalam gaya yang sama seperti buku audio, podcast novel mungkin rumit untuk meriwayatkan dengan aktor suara yang terpisah untuk masing-masing karakter dan efek suara yang mirip dengan sandiwara radio. Podcast novel juga memiliki narator tunggal untuk membaca teks cerita dengan efek suara sedikit atau tidak ada.

Novel podcast juga dikeluarkan atau didistribusikan melalui internet, yang biasanya pada weblog. Novel podcastdapat dirilis dengan jadwal yang rutin setiap seminggu sekali ataupun tidak teratur karena setiap episode harus dilepaskan saat selesai, dan novel podcast dapat didownload secara manual dari website atau blog yang akan dikirim secara otomatis melalui RSS, atau metode lain dari sindikasi. Pada akhirnya, sebuah novel serial podcast menjadi audiobook selesai.

4. Oggcast

Oggcast adalah podcast yang direkam dan didistribusikan secara eksklusif dalam bentuk codec audio Vorbis dengan format kontainer Ogg yang sama. Misalnya, podcast yang didistribusikan dalam format MP3, tidak bebas dan format Ogg secara gratis diberikan dan tidak akan memenuhi definisi oggcast secara teknis. Sebaliknya, podcast yang didistribusikan dalam codec Vorbis dan Speex akan memenuhi definisi ketat oggcast. Istilah oggcast adalah kombinasi dari kata “ogg” dari istilah Ogg Vorbis, dan suku “cast”, dari “broadcast”.

Istilah Oggcast diciptakan untuk musim kelima dari Gnu World Order oleh Klaatu pada tahun 2010, ketika pertunjukan menyatakan dirinya “oggcast pertama di dunia”. Pada saat acara itu adalah salah satu dari sedikit yang dirilis hanya dalam format bebas, tanpa umpan MP3 sebagai pilihan.

5. Podguide

Podguide adalah podcast berbentuk audio yang disempurnakan. Ini adalah file audio tunggal, dimana setiap bab menampilkan gambar dan sejumlah apa yang harus dilihat pada persinggahan tertentu. Angka-angka tersebut sesuai dengan angka-angka pada peta yang dapat diunduh melalui tautan yang dimasukkan ke dalam karya seni dari bab-bab dalam podguide. Podguides dalam format m4a dan hanya dapat didengarkan melalui iTunes atau iPod. Ini seperti tur soundseeing tetapi dengan gambar dan peta, sehingga pengguna dapat mengambil tur sendiri.

6. Podcast Politik

Podcast politik berfokus pada peristiwa terkini yang berlangsung setengah jam hingga satu jam, yang sering kali menggunakan nada yang santai dan percakapan yang lembut, dan menampilkan jurnalis dan politisi serta lembaga survei dan penulis.

Kebanyakan podcast politik memiliki format wawancara dengan tuan rumah atau tamu dan disiarkan setiap minggu berdasarkan siklus berita. Podcast politik telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dinegara Amerika Serikat karena siklus pemilihan yang panjang. Situs berita yang lebih besar seperti Radio Atlantic dan Spectator yang telah memulai podcast politik mingguan dalam beberapa tahun terakhir, serta podcast yang lebih kecil seperti podcast Life Together Bruderhof dan Sectarian Review Danny Anderson.

Apakah PodCast Memiliki Fungsi Dalam Kehidupan?

Ada beberapa fungsi yang terdapat pada podcast, antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkan visibilitas situs Anda.
  2. Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif.
  3. Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah dalam menawarkan beberapa produk atau dalam format audio.
  4. Menyediakan kemudahan penggunaan.
  5. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.
  6. Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar diweb.

Selain fungsi, ternyara Podcasting mempunyai beberapa komponen yaitu:

  1. File audio: Suatu file dimana isinya berupa suatu suara (audio) yang hanya bisa dibuka dengan media player.
  2. Podcast Server
  3. RSS FEED: Sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan pada situs web berita dan weblog.

Nah, kali ini kamu sudah paham bukan mengenai PodCast? Memang aplikasi ini mempunyai banyak fungsi dan memiliki komponen-komponen yang membuat kita mudah untuk menggunakannya. Sekian pembahasan kali ini, tunggu artikel selanjutnya ya.

« Previous Post
Next Post »