Jangan Ngaku Anak Kekinian Kalau Belum Tau Dunia Maya?

Nggak cuma ada dunia nyata kita juga sering bersinggungan dengan dunia maya, bukan dunia gaib lho ya. Namun masih saja ada yang salah ataupun belum terlalu mengerti apa itu dunia maya. Nah pada artikel ini saya akan menjelasi sedikit tentang dunia maya, yuk simak ulasan berikut.

Apa Itu Dunia Maya?

Dunia Online atau bisa disebut dengan Dunia Maya (Cyberspace) merupakan sebuah media elektronik yang ada pada jaringan komputer dan banyak digunakan oleh semua orang untuk keperluan komunikasi ataupun sebagai peralatan komunikasi yang tersebar diseluruh dunia secara interaktif. Dunia maya juga menawarkan jasa pembuatan website, pengelolaan hingga pengembangan website maupun web aplikasi original tanpa batasan yang didukung oleh tim yang memiliki passion dan skill yang terintegrasi dalam menyampaikan hasil kerja yang profesional dan berkualitas.

Lalu Apa Saja Yang Berhubungan Dengan Dunia Maya?

  • Media online merupakan segala jenis media atau sarana komunikasi yang tersedia secara online melalui koneksi internet, seperti email, website, blog, serta termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan sebagainya. Berikut penjelasannya:

1. Email

Email merupakan metode tukar pesan antara orang yang juga menggunakan perangkat elektronik sama seperti email. Email pertama kali ditemukan oleh Raymond Samuel Tomlinson pada tahun 1971. Email beroperasi diseluruh jaringan komputer, yang saat ini diutamakan pada jaringan Internet. Beberapa sistem dari email mengharuskan penulis dan penerima untuk keduanya online pada saat yang sama, sama dengan pesan instan. Sistem email saat ini didasarkan pada model store and forward.

Server pada email bisa menerima, meneruskan, mengirim, dan menyimpan pesan. Baik pengguna maupun komputer yang tidak diharuskan untuk online secara bersamaan hanya saja mereka hanya perlu terhubung secara singkat. biasanya ke server email atau antarmuka webmail, selama diperlukan untuk mengirim atau menerima pesan.

2. Blog

Blog merupakan situs web diskusi atau informasi yang dipublikasikan di “World Wide Web” yang terdiri dari entri teks bergaya buku harian yang diskrit dan sering diposting. Postingan biasanya ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik, sehingga postingan terbaru muncul lebih dulu, dibagian atas halaman web.

3. WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger merupakan aplikasi chatting yang menggunakan nomor seluler standar dengan melakukan pengiriman pesan teks dan panggilan suara, serta panggilan video, gambar, dokumen, dan lokasi pengguna. Aplikasi ini berjalan dari perangkat seluler meskipun dapat diakses dari komputer desktop.

Awalnya pengguna WhatsApp hanya dapat berkomunikasi dengan pengguna lain secara individu atau dalam berkelompok. Tetapi, WhatsApp mengumumkan platform bisnis yang akan memungkinkan perusahaan untuk menyediakan layanan pelanggan kepada pengguna dalam skala besar.

  • Website atau situs web merupakan kumpulan halaman yang berisi beragam informasi dengan web yang sudah diidentifikasi dengan domain umum termasuk konten multimedia. Situs web dapat diakses melalui jaringan Internet Protocol (IP) publik, seperti Internet, atau jaringan area lokal pribadi (LAN), dengan merujuk pencari sumber daya yang seragam (URL) yang mengidentifikasi situs tersebut. Website mempunyai contoh seperti Google.com, Wikipedia.org, Detik.com, serta amazon.com. Berikut penjelasannya:

1. Google

Google merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi, internet dan online advertising dan berada di Amerika yang didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin di Stanford University, California.

2. Wikipedia

Wikipedia merupakan sebuah situs yang berisi tentang artikel ensiklopedia dan referensi Online tingkat dunia yang bisa diakses oleh siapa saja, dimana selalu terhubung dengan internet. Wikipedia sering sekali dijadikan referensi atas apapun yang dicari para pengunjung diinternet.

Hal apapun yang Anda cari sebagian besar sudah ada di Wikipedia. Dan jika menuliskan sesuatu pada google kemungkinan paling besar yang menduduki posisi teratas adalah artikel yang terdapat di Wikipedia.

3. Detik.com

Detik.com merupakan sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Detik.com merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detik.com hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, Detik.com merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru.

4. Amazon.com

Amazon.com merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah pengecer daring terbesar di dunia. Perusahaan ini juga memproduksi barang elektronik termasuk kebutuhan dari pembaca buku.

  • Media Sosial (Social Media), merupakan media daring yang dimediasi dalam komputer ataupun pada handphone yang memfasilitasi penciptaan dan pembagian informasi, ide, minat karir dan bentuk ekspresi lain melalui komunitas dan jaringan virtual. Media sosial ada beberapa macam, yaitu:

1. Facebook

Facebook merupakan perusahaan media sosial dan layanan jejaring sosial online yang beradi Amerika yang berbasis di Menlo Park, California. Situs webnya diluncurkan pada 4 Februari 2004, oleh Mark Zuckerberg, bersama dengan Harvard College dan teman sekamar Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain disitus bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosipun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.

2. Line

Line merupakan aplikasi freeware untuk komunikasi instan yang dilakukan pada sebuah perangkat elektronik seperti smartphone, komputer tablet, dan komputer pribadi. Pengguna jalur pertukaran teks, gambar, video dan audio, dan melakukan percakapan VoIP gratis dan konferensi video. Layanan ini dioperasikan oleh Line Corporation, anak perusahaan Jepang dari raksasa pencarian internet Korea Selatan, Naver Corporation.

3. Instagram

Instagram merupakan layanan jejaring sosial berupa foto dan video yang dimiliki oleh Facebook. Instagram dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, yang diluncurkan pada bulan Oktober 2010 secara eksklusif di iOS. Versi yang akan diluncurkan untuk perangkat Android akan dirilis pada bulan April 2012, dan diikuti oleh situs web dengan fitur yang terbatas pada bulan November 2012, serta aplikasi untuk Windows 10 Mobil pada bulan April 2016.

4. Twitter

Twitter merupakan layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan tweet. Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli.

Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi oleh banyak orang, dan dijuluki dengan “pesan singkat dari Internet”. Di Twitter, pengguna yang tidak terdaftar hanya bisa membaca tweet atau kiriman, sedangkan pengguna yang terdaftar bisa menulis kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

5. Path

Path merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path telah ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Pendiri Path ialah Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau.

Pada bulan November dan Desember 2011, Path meluncurkan beberapa fitur baru dan meningkatkan penggunanya dari 30.000 menjadi lebih dari 300.000 dalam waktu kurang dari 1 bulan. Pada Februari 2012, perusahaan ini dikritik secara luas karena aplikasi ini mengakses dan menyimpan kontak yang ada di dalam telepon seluler pengguna tanpa persetujuan dari pengguna sendiri. Dalam sebuah blog yang diunggah oleh CEO Path sendiri, perusahaan meminta maaf dan menyatakan bahwa Path telah mengubah praktik ini.

6. YouTube

YouTube (YT) merupakan situs berbagi video Amerika yang berkantor pusat di San Bruno, California. Layanan ini dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim pada Februari 2005. YT memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

  • Jejaring Sosial (Social Networking) adalah bagian dari media sosial, yaitu berupa pemanfaatan media sosial untuk membangun jaringan pertemanan, jaringan bisnis, jaringan pergerakan, bahkan bisa membangun jaringan untuk menggelar aksi demonstrasi besar-besaran.

1. Myspace (dahulu MySpace)

Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs dari jejaring sosial pusatnya bertempat di Beverly Hills, California dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut. MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006.

Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan April 2008. MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation.

2. LiveJounal

LiveJournal merupakan jejaring sosial yang sangat dekat dengan blog. LiveJournal dibuat oleh Brad Fitzpatrick pada tahun 1999. Pengguna situs ini dapat membuat jurnal dan buku harian (diary). Fitur yang membedakan LiveJournal dari blog kebanyakan adalah fitur daftar teman (friendlist) sehingga seperti gabungan antara blog dan jejaring sosial. Blog bisa dibuat privat atau hanya dibagi ke teman-teman tertentu.

3. Ning

Ning adalah jejaring sosial yang unik. Pengguna dapat membuat jejaring sosialnya sendiri disini, karena tampilan, rasa, dbahkan set fitur setiap jejaring sosial (seperti foto atau likes) dapat diatur sendiri oleh pengguna. Bahkan persyaratan untuk mendaftar jejaring sosial yang dibuat juga bisa diatur.

4. Meetup

Meetup adalah jejaring sosial yang memfasilitasi perencanaan didunia nyata. Meetup bisa menghubungkan pengguna berdasarkan minat seperti politik, game, musik, dan sebagainya.

5. MyYearbook

MyYearbook adalah jejaring sosial yang dibentuk pada tahun 2005 oleh Geoff Cook, David Cook, dan Catherine Cook. Situs ini memiliki filosofi untuk bertemu orang-orang baru. Situs ini akan diubah nama menjadi “Meet Me (Temui Aku)” pada tanggal 4 Juni mendatang. Katanya, Yearbook lebih mengesankan untuk bertemu teman sesekolah dan lebih menggambarkan tujuan utama jejaring sosial ini.

6. Qzone

Qzone merupakan situs jejaring sosial yang dibuat oleh Tencent pada tahun 2005. Pada situs ini, pengguna bisa membuat blog, jurnal, atau buku harian sama seperti LiveJournal. Tambahannya lagi, pengguna bisa berbagi foto dan mendengar musik disini.

7. Bebo

Bebo (Blog Early, Blog Often) merupakan jejaring sosial yang didirikan pada tahun 2005 oleh Michael Birch dan Xochi Birch. Pada situs ini pengguna dapat mengepos artikel, foto, video, atau kuisioner selayaknya sebuah weblog kemudian pengguna lain dapat memberikan respons jawaban atas pos tersebut.

8. Pinterest

Pinterest merupakan jejaring sosial yang bertindak seperti papan pengumuman online (online pin board). Di papan pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka dari berbagai belahan web. Papan pengumuman ini, disebut pinboard dengan ditemakan dengan kategori tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh pengguna lain. Kita bisa mengikuti pinboard milik pengguna lain yang sesuai dengan minat kita.

9. Market Place

Market Place (Pasar online) merupakan jenis situs e-commerce dimana informasi produk atau layanan yang disediakan oleh beberapa pihak ketiga, sedangkan transaksi diproses oleh operator pasar. Pasar online adalah jenis utama dari multichannel ecommerce dan dapat menjadi cara untuk merampingkan proses produksi.

Market place juga banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis disini karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula dimedia sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.

Itulah pembahasan mengenai “Dunia Online”. Mungkin dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih mengenalnya lagi ya guys. Tunggu artikel selanjutnya ya.

« Previous Post
Next Post »