Aplikasi Kekinian Untuk Mengelola Keuangan

Menunggu adalah hal yang tidak menyenangkan. Apalagi kalau menunggu datangnya hari gajian. Semua orang pasti akan sangat menunggu datangnya hari gajian ini. Karena bagi mereka hari gajian adalah hari kebebasan dari masa irit.

Kebanyakan orang selalu merasa kesulitan ketika mereka memasuki tanggal tua. Mereka harus benar-benar menghemat karena sisa uang yang semakin menipis. Untuk benar-benar bisa mengatur masalah keuangan dan agar tidak terjadi hal terlalu ngirit, maka kamu perlu mencatat pemasukan, pengeluaran dan alokasi dana yang diperlukan.

Memang sih hal tersebut akan terasa sangat sulit untuk dilakukan, apalagi bagi kalian yang memang belum terbiasa untuk melakukannya. Pasalnya bisa saja uang yang kita catat tidak akan sesuai dengan apa yang telah digunakan.

Nah, bagi kalian yang baru mencoba untuk menghemat uang tapi masih bingung gimana cara mengaturnya, jangan risau karena disini ada beberapa alternatif yang bisa kalian coba untuk mengatur keuangan kalian. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi inilah yang nanti akan membantu kalian dalam mengatur keuangan kalian. Seperti apa sih kehebatan aplikasi ini. Berikut ini penjelasannya.

Artinya manajemen keuangan: Manajemen keuangan dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengorganisasian, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan keuangan organisasi. Menurut Guthman dan Dougal, manajemen keuangan berarti, “kegiatan berkaitan dengan perencanaan, meningkatkan, mengontrol dan mengelola dana yang digunakan dalam bisnis.” Ini berkaitan dengan pengadaan dan pemanfaatan dana dalam cara yang tepat.

Aplikasi keuangan ini adalah sebuah program pada perangkat lunak yang memfasilitasi manajemen proses bisnis yang berurusan dengan uang. Perangkat ini akan digunakan untuk mengatur keuangan seseorang agar tidak melebihi batas. Jadi, bagi yang ingin menabung dapat memulainnya dari sini.

Jenis-Jenis Aplikasi Pengatur Keuangan

Dengan adanya dukungan dari teknologi yang sudah semakin canggih ini. Kita akhirnya dapat mengatur keuangan dengan lebih mudah dan tidak repot lagi. Keadaan ini semakin di dukung oleh beberapa aplikasi yang dapat kita unduh pada smartphone kita. Beberapa aplikasi tersebut adalah:

Uangku

Daftar yang pertama ini adalah aplikasi uangku. Fitur dalam aplikasi ini sebenarnya juga gak kalah menarik dengan aplikasi-aplikasi yang lain. Aplikasi Uangku ini menggunakan bahasa Indonesia sehingga lebih dapat dengan mudah untuk dipahami.

Selain kamu dapat mengatur kondisi keuangan, kamu juga dapat melakukan bermacam bentuk transaksi dengan mudah, seperti melakukan pengisian pulsa selular dan membayar tagihan listrik, air, telepon, internet. Kalian gak perlu khawatir, aplikasi Uangku juga dilengkapi dengan lisensi resmi e-money dari Bank Indonesia yang dapat membuat kamu semakin aman dan nyaman dalam bertransaksi.

Goodbudget

Ide pembuatan dari aplikasi Goodbudget ini berasal dari sistem alokasi bujet yang menjadi budaya orang Amerika zaman dulu, yaitu mereka akan memasukkan uang ke dalam amplop-amplop berbeda sesuai dengan yang akan dipakai. Konsep alokasi bujet yang sama ini bisa kamu temukan dalam aplikasi buatan Dayspring Technologies ini.

Kamu juga dapat mengalokasikan bujet ke dalam pos-pos berbeda, seperti untuk belanja bulanan, transportasi dan sebagainya. Dalam sistem aplikasi Goodbudget, setiap pengeluaran yang kamu lakukan nantinya dapat mengurangi pos yang sudah disesuaikan. Ini akan membantu kamu untuk melacak biaya sesuai anggaran serta mencegah terjadinya kelebihan pengeluaran.

Satu akun dalam Goodbudget ini bisa kamu akses dari berbagai macam perangkat, entah itu Android, iOS hingga web. Kamu juga bisa menghasilkan beragam laporan keuangan, mengekspornya ke format CSV, hingga melakukan rekonsiliasi dengan laporan bank sekali pun.

MoneyWise

Aplikasi ini telah menawarkan beberapa akun seperti penyesuaian anggaran, grafik biaya dalam kategori dan waktu, penandaan biaya, manajemen anggaran dan pelacakan biaya. MoneyWise juga didukung dengan beberapa bahasa. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mata uang USD dan EURO saja.

Toshl Finance

Aplikasi Toshl Finance ternyata sudah diunduh oleh lebih dari 2 juta pengguna di seluruh dunia. Ternyata ini dapat memudahkan pengguna untuk mencatat semua aktivitas keuangan mereka dengan cara yang lebih mudah. Di Amerika Serikat, aplikasi ini memang sudah dihubungkan langsung dengan bank, kartu kredit dan jasa keuangan lain.

Selain itu, aplikasi keuangan ini juga telah menyediakan pilihan mata uang yang beragam sehingga ini dapat memudahkan kamu untuk mencatat keuangan ketika kalian traveling ke luar negeri.

Tampilan infografiknya juga lengkap, di mana kamu bisa mendapatkan gambaran umum tentang kondisi keuangan pribadi dalam satu tampilan. Infografik juga memudahkan kamu dalam mengetahui berapa anggaran yang tersisa untuk beberapa bulan ke depan.

Kategori pengeluaran juga bisa dibagi menjadi berbagai jenis, ada juga notifikasi pengingat saat kamu sudah mendekati batas anggaran yang sudah kamu patok sebelumnya. Aplikasi ini disediakan secara gratis dan versi pro premium. Versi premium tentu saja jauh lebih lengkap dan lebih memungkinkan kamu untuk menyimpan semua struk pengeluaran sekaligus terhubung dengan berbagai rekening bank.

Mint

Mint ini merupakan aplikasi pengatur keuangan yang belakangan ini telah banyak dipakai oleh mereka yang sangat memperhatikan pertumbuhan bisnisnya. Aplikasi Mint banyak mencakup kebutuhan penggunanya karena ada banyak fitur yang tersemat pada aplikasi ini.

Kehebatan aplikasi ternyata bukanlah sekedar omongan saja. Banyak orang yang memuji kecanggihan dari aplikasi Mint, sebab aplikasi tersebut mampu memberikan kemudahan dalam mengatur keuangan seperti yang diharapkan.

Di sini kalian akan merasakan mudahnya mengatur keuangan dengan aplikasi Mint ini. Kalian bisa mengatur mulai dari akun bank, tabungan, pinjaman kredit, giro, rekening pensiunan, semua bisa berjalan dengan mudah di aplikasi Mint.

Satu hal lagi yang memang perlu kalian ketahui, di aplikasi Mint juga terdapat system keamanan canggih aktivasi passcode, dengan demikian keamanan dari akun kalian akan lebih terjamin.

Wallet

Tujuan dari Budgetbakers dalam mengembangkan aplikasi Wallet adalah untuk membantu para penggunanya dalam memegang kendali atas kondisi keuangannya. Di sini kamu tidak hanya bisa mencatat pemasukan dan pengeluaranmu dengan aplikasi Wallet, tapi juga merencanakan kebutuhan biaya untuk membiayai rencana jangka panjangmu hingga sepuluh tahun ke depan.

Wallet memiliki fitur sinkronisasi secara real-time dengan rekening tabungan di seluruh dunia. Budgetbakers mengklaim telah terdapat empat ribu bank yang dapat memanfaatkan fitur ini. Beberapa bank di dalam negeri yang bisa dihubungkan dengan aplikasi Wallet antara lain BCA, Bank Mandiri, dan Danamon.

Kamu bisa mengunduh Wallet secara gratis. Bila tertarik, kamu juga bisa membeli beberapa paket IAP di dalamnya untuk mengakses fitur-fitur tertentu, seperti sinkronisasi dengan bank serta berbagi akses akun dengan pengguna lain untuk mengatur keuangan bersama-sama.

Lantas, Apa Saja Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Dari Aplikasi Ini?

Beberapa aplikasi yang ada di atas tadi memang akan membantu kalian dalam melakukan proses penghematan. Namun, apakah kalian tahu hal apa saja yang bisa dapat dari mengatur uang dengan menggunakan aplikasi ini? Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan dari penggunaan aplikasi pengatur keuangan.

Dapat menjadwalkan tagihan pembayaran dengan tepat waktu

Apakah kalian termasuk dalam kategori orang yang suka lupa dalam membayar tagihan listrik, kartu kredit dan cicilan KPR saat sudah lewat jatuh tempo? Jangan merasa kecil hati karena hal seperti ini tidak hanya terjadi pada dirimu saja.

Banyaknya aktivitas di kantor seringkali akan berdampak pada rutinitas pembayaran tagihan di waktu yang sibuk. Selain menjalankan fungsi pengelolaan keuangan, dengan aplikasi ini kalian juga bisa memanfaatkan fitur pengingat pada aplikasi keuangan.

Fitur ini bisa membantu kamu memastikan bahwa kamu harus mengalokasikan dana untuk pembayaran tagihan yang sudah mencapai masa akhir. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa meminimalisasi potensi terkena denda karena kelewatan masa jatuh tempo tagihan.

Laporan Lebih Lengkap

Dengan menggunakan aplikasi pengatur keuangan, maka kalian dapat mengetahui kondisi keuangan, yang akan membuat kalian menjadi lebih mudah untuk mengalokasikannya pada berbagai keperluan, misalnya makan, kesehatan, transportasi dan hiburan.

Begitu pula jika mempraktikkanya pada dunia bisnis, kalian akan dapat mengetahui laporan neraca, arus kas, kerugian dan keuntungan. Kemudian, kalian pun akan mengetahui laporan keuangan yang lebih lengkap jika menghitungnya menggunakan bantuan aplikasi ini.

Hemat Waktu

Tidak hanya dapat dipakai untuk mengatur keuangan pribadi saja. Aplikasi ini juga dapat lebih cepat dalam meng-update laporan keuangan dalam bisnis. Mengapa demikian? Karena jika laporan keuangan dikerjakan secara manual, maka akan membutuhkan waktu untuk melakukan perhitungan dan mencocokkannya.

Biasanya jika dikerjakan secara manual, penyusunan laporan keuangan akan membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Sedangkan dengan aplikasi keuangan, semua sudah tersistem sehingga kalian hanya perlu menginput data didalamnya dan hasil akan segera muncul sehingga pastinya akan lebih menghemat waktu kan.

Gratis dipakai

Aplikasi pengaturan keuangan ini tentunya dapat kalian gunakan secara gratis, kalian tinggal mendownloadnya di smartphone melalui google play store, app store dan browser ( di PC atau laptop).

Kalian hanya tinggal search saja nama aplikasi yang akan kalian pakai, maka ini akan segera muncul pada pencarian. Aplikasi bisa dipakai selamanya secara gratis, sehingga dapat kalian manfaatkan dengan cuma-cuma untuk catatan keuangan kalian.

Data keuangan dapat didownload

Setelah catatan keuangan kalian sudah tercatat dengan baik di aplikasi tersebut, maka kalian akan dapat mendownload dan mencetak data keuangan tersebut. Dalam hal ini, pastinya ini akan sangat berguna bila nanti suatu saat kalian membutuhkan pinjaman dana di bank untuk usaha atau lainnya. Karena dalam pengajuan pinjaman di bank, pasti pihak bank akan meminta hasil laporan keuangan kalian selama ini.

Wah, ternyata seperti itu kegunaan dari aplikasi pengatur keuangan ini. Aplikasi ini memang sangat berguna bagi kita yang belum bisa mengatur keuangan dengan benar. Mudah-mudahan setelah kalian mencoba aplikasi ini, diakhir bulan kalian masih punya sisa tabungan. Ok selamat mencoba.

« Previous Post
Next Post »