Apa itu API dan Bagaimana Sih Cara Kerjanya?

Sebelumnya pernahkah anda mendengar istilah API? API atau Application Programming Interface ini adalah salah satu istilah penting dalam dunia komputerisasi atau software ataupun juga aplikasi.

Bisa kami tebak kalau sebagian besar dari anda pasti belum tahu apa itu API, bukan? Besar kemungkinan kalau ini adalah kali pertamanya anda mendengar istilah ini. Benar kan?

Tidak apa-apa. Anda tidak perlu merasa malu, karena ada banyak sekali orang yang juga belum mengetahui apa atau sejenis apa sebenarnya API ini.

Karena masih banyak di antara anda yang masih belum mengetahui apa itu API, pada artikel kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit penjelasan dasar mengenai apa dan bagaimana cara kerja api itu sebenarnya.

Pada dasarnya, API merupakan sebuah aplikasi yang menentukan bagaimana komponen perangkat lunak harus berinteraksi. Selain itu, API biasanya digunakan ketika memprogram komponen antarmuka pengguna grafis (GUI).

API yang baik akan membuat segala prosesnya menjadi lebih mudah dan baik, terutama untuk mengembangkan program tersebut dengan menyediakan semua blok pembangun. Seorang programmer adalah orang yang kemudian akan menempatkan blok-blok tersebut bersama.

Mengenal API (Application Programming Interface)

Apa sebenarnya API itu? Anda mungkin pernah mendengar tentang betapa berharganya API ini sepanjang berjalannya waktu. API yang dimaksud di sini bukanlah “api” yang merupakan salah satu elemen yang bisa membakar apa saja yang dilewatinya.

API yang dimaksud ini adalah singkatan dari Application Programming Interface, yang merupakan perantara peranti lunak yang memungkinkan dua aplikasi untuk berbicara satu sama lain. Setiap kali Anda menggunakan aplikasi seperti Facebook, mengirim pesan instan, atau memeriksa cuaca di ponsel anda, ketahuilah bahwa pada saat itu anda tengah menggunakan API.

Dengan kata lain, API adalah pembawa pesan yang mengirimkan permintaan anda ke penyedia yang anda minta dan kemudian mengirimkan tanggapan kembali kepada anda. Ross Mason selalu mengatakan bahwa API ini memiliki dampak yang signifikan terhadap bisnis.

API mendefinisikan fungsionalitas yang independen dari implementasi yang berhubungan, yang memungkinkan penerapan dan definisi yang bervariasi tanpa mengorbankan satu sama lain. Oleh karena itu, API yang baik biasanya akan membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan program dengan menyediakan blok pembangun.

Ketika pengembang membuat kode, mereka tidak begitu sering memulainya dari awal. Dasar untuk produktivitas pengembang adalah bagaimana API bisa membuat proses yang berulang namun rumit, yang dapat digunakan kembali dengan sedikit kode.

Kecepatan API memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi yang sangat penting, untuk laju pengembangan aplikasi saat ini. Pengembang sekarang jauh lebih produktif daripada sebelumnya, karena mereka harus menulis banyak kode dari awal.

Dengan API, mereka tidak perlu lagi berbalik atau berputar kembali setiap kali mereka menulis program baru. Sebaliknya, mereka dapat fokus pada proposisi unik dari aplikasi mereka, sambil melakukan outsourcing semua fungsi komoditas ke API.

Bagaimanakah Cara Kerja API Itu?

Ketika anda menggunakan aplikasi di ponsel anda, aplikasi tersebut pastilah akan terhubung ke Internet dan mengirim data ke server. Server kemudian mengambil data itu, menafsirkannya, melakukan tindakan yang diperlukan dan mengirimnya kembali ke telepon anda.

Aplikasi kemudian menafsirkan data itu dan menyajikan informasi yang anda inginkan dengan cara yang mudah dibaca. Beginilah cara kerja API. Semua ini terjadi melalui API. Untuk lebih memahaminya dengan lebih baik dan jelas, mari kita lihat contoh di bawah ini.

Coba bayangkan saat ini anda sedang duduk di meja sebuah restoran dengan menu pilihan untuk dipesan. Anggaplah kalau dapur adalah bagian dari “sistem” yang akan menyiapkan pesanan anda.

Hal selanjutnya yang anda perlukan adalah mengkomunikasikan pesanan anda ke dapur agar makanan anda bisa sampai ke meja. Kan tidak mungkin anda menulis sendiri pesanan anda, kemudian mengantarkannya langsung ke dapur? Kalau anda sampai melakukannya, anda bisa saja di usir keluar dari restoran tersebut.

Nah, di sini lah peran dari seorang pelayan diperlukan. Pelayan tersebut memiliki fungsi yang sama dengan API yang tengah kita bahas. Pelayan atau API dalam konteks ini adalah utusan, yaitu orang atau sesuatu yang mengambil permintaan atau pesanan anda dan memberi tahu dapur atau sistem tentang apa yang harus dilakukan.

Setelah itu, pelayan selanjutnya akan mengirimkan balasan kepada anda, yang dalam contoh ini adalah berupa makanan.

Contoh API Dalam Kehidupan Nyata

Anda mungkin sudah sangat akrab dengan proses pencarian penerbangan online, bukan? Sama seperti restoran, anda memiliki berbagai opsi untuk dipilih saat anda akan melakukan penerbangan, termasuk pilihan kota atau tempat yang dituju, tanggal keberangkatan dan kedatangan, serta banyak lagi yang lainnya.

Mari kita contohkan saja bahwa anda saat ini sedang memesan layanan penerbangan di sebuah situs web maskapai penerbangan. Di dalam situs tersebut, anda akan diminta untuk memilih kota keberangkatan dan tanggal, kota dan tanggal kembali, kelas kabin, serta variabel lainnya.

Untuk memesan penerbangan anda tersebut, anda tentu harus berinteraksi dengan situs web maskapai tersebut untuk mengakses basis data mereka dan melihat apakah ada kursi yang tersedia pada tanggal keberangkatan yang anda inginkan dan untuk mengetahui berapa biaya yang harus anda keluarkan.

Namun, bagaimana jika anda tidak menggunakan situs web maskapai penerbangan atau saluran yang memiliki akses langsung ke informasi? Bagaimana jika anda menggunakan layanan perjalanan online, seperti “Kayak” atau “Expedia”, yang mengumpulkan informasi dari sejumlah database maskapai?

Dalam hal ini, layanan perjalanan akan berinteraksi dengan API maskapai. API adalah layanan antarmuka, seperti halnya pelayan anda yang akan membantu saat anda membutuhkannya, yang dapat diminta oleh layanan perjalanan online tersebut untuk mendapatkan informasi dari basis data maskapai penerbangan untuk memesan tempat duduk, opsi bagasi dan lain-lain.

API kemudian mengambil tanggapan dari maskapai terhadap permintaan anda dan mengirimkannya kembali dengan benar ke layanan perjalanan online, yang kemudian menunjukkan kepada anda informasi terbaru yang relevan.

Contoh API Terpopuler

ProgrammableWeb, yang merupakan sebuah situs yang dapat melacak lebih dari 15.500 API, mencantumkan Google Maps, Twitter, YouTube, Flickr dan Amazon Product Advertising (produk iklan Amazon) sebagai beberapa jenis API yang paling populer.

Daftar berikut ini berisi beberapa contoh dari API populer yang dimaksud tersebut beserta sedikit penjelasannya:

  • Google Maps API : Google Maps API memungkinkan pengembang menanamkan Google Maps di halaman web menggunakan antarmuka JavaScript atau Flash. Google Maps API dirancang untuk berfungsi di perangkat seluler dan browser desktop.
  • API YouTube : API Google yang memungkinkan pengembang mengintegrasikan video dan fungsi YouTube ke dalam situs web atau aplikasi. API YouTube menyertakan API YouTube Analytics, API Data YouTube, API Streaming Langsung YouTube, API Pemutar YouTube dan lainnya.
  • Flickr API : Ini biasanya digunakan oleh pengembang untuk mengakses data komunitas berbagi foto Flick. API Flickr tersebut terdiri dari sekumpulan metode yang tidak sebanding dan beberapa titik akhir API.
  • Twitter API : Twitter pada umumnya menawarkan dua API, yaitu REST API yang memungkinkan pengembang untuk mengakses data inti Twitter dan API Pencarian, yang menyediakan metode bagi pengembang untuk berinteraksi dengan Twitter Search dan data tren.
  • Amazon Product Advertising API : Amazon’s Product Advertising API memberi pengembang akses ke pemilihan produk Amazon dan fungsi penemuan untuk mengiklankan produk Amazon untuk memonetisasi situs web.

Ciri-Ciri API Moderen

Selama bertahun-tahun, “API” telah dikenal sebagai sesuatu yang sering digambarkan sebagai semacam konektivitas antarmuka generik ke aplikasi. Ada beberapa karakteristik API modern yang membuat mereka menjadi sangat berharga dan berguna, bahkan hingga saat ini. Adapun karakter yang dimaksud adalah:

  • API modern mematuhi standar (biasanya HTTP dan REST), yang ramah pengembang, mudah diakses dan dipahami secara luas
  • Mereka diperlakukan lebih seperti produk daripada kode. Mereka dirancang untuk konsumsi khalayak tertentu (misalnya, Pengembang seluler), mereka didokumentasikan dan mereka diversi sedemikian rupa, sehingga pengguna dapat memiliki harapan tertentu tentang pemeliharaan dan siklus hidupnya.
  • Karena mereka jauh lebih standar, mereka memiliki disiplin yang lebih kuat untuk keamanan dan pemerintahan, serta dipantau dan dikelola untuk kinerja dan skala.
  • Seperti halnya perangkat lunak produk lainnya, API modern memiliki siklus pengembangan perangkat lunak sendiri (SDLC) untuk merancang, menguji, membuat, mengelola dan membuat versi. API modern juga didokumentasikan dengan baik untuk konsumsi.

Jenis-Jenis API

Perlu anda ketahui bahwasannya ada banyak sekali jenis API yang berbeda untuk sistem operasi, aplikasi, atau situs web. Windows, adalah salah satu pemisalannya.

Windows pada umumnya memiliki banyak perangkat atau kumpulan API yang digunakan oleh perangkat keras dan aplikasi sistem, dimana ketika anda menyalin dan menempelkan teks dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, maka API inilah yang menjadi aplikasi yang memungkinkan hal tersebut berfungsi.

Kebanyakan sistem operasi, seperti MS-Windows biasanya akan menyediakan API, yang memungkinkan pemrogram (programmer) untuk menulis aplikasi yang konsisten dengan sistem operasi.

Sekarang ini, API juga ditentukan oleh situs web. Sebagai contoh, Amazon atau eBay API memungkinkan pengembang untuk menggunakan infrastruktur ritel yang ada, dengan maksud untuk membuat toko web khusus. Pengembang perangkat lunak pihak ketiga juga menggunakan API Web untuk membuat solusi perangkat lunak untuk pengguna akhir.

Apa API Juga Menyediakan Layanan Keamanan?

Tahukah anda kalau selama ini ternyata data ponsel anda tidak pernah sepenuhnya terpapar ke server? Demikian pula server tidak pernah sepenuhnya terpapar ke telepon anda. Sebagai gantinya, masing-masing berkomunikasi dengan paket data yang kecil, berbagi pada data yang hanya diperlukan saja, seperti “memesan takeout”.

Dalam kasus ini, anda harus memberi tahu restoran apa yang ingin anda pesan atau makan dan mereka akan memberi tahu anda apa yang mereka butuhkan sebagai imbalan. Setelah semua proses tersebut berhasil anda lakukan, barulah anda bisa mendapatkan makanan yang anda pesan tersebut.

API merupakan sesuatu yang bisa dibilang sangat berharga, sehingga ini sering menjadi bagian besar dari banyak pendapatan bisnis.

Perusahaan besar seperti Google, eBay, Salesforce.com, Amazon dan Expedia hanyalah beberapa perusahaan yang menghasilkan uang dari API mereka. Apa yang dimaksud dengan “Ekonomi API” yang sering anda dengar atau temui sehari-hari dalam kehidupan anda sebenarnya sama saja artinya dengan “pasar API” yang ada saat ini.

Sekarang anda sudah mengertikan apa definisi API yang sebenarnya? Walaupun belum begitu dalam, tapi setidaknya penjelasan kami ini bisa memberikan pengetahuan dasar, yang mungkin akan sangat berguna untuk anda dikedepannya nanti, terutama ketika anda ingin mengetahui atau mempelajari banyak hal terkait dengan API ini.

Demikiamlah informasi yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga anda bisa mengerti dengan baik apa yang telah kami jelaskan di atas. Untuk kedepannya, kami juga akan menyajikan pembahasan tentang API lainnya yang nantinya juga tak kalah menarik dan bisa bermanfaat untuk anda.

« Previous Post
Next Post »